Pengenalan HTML

     HTML, sebuah singkatan dari  Hypertext Markup Language. HTML dapat dimengerti sebagai sebuah kumpulan perintah-perintah untuk  web browser tentang bagaimana menampilkan isi ke  user. Itu merupakan standar terbuka yang telah di update oleh W3C atau World Wide Web Consortium. 
   Karena merupakan sebuah standar terbuka, setiap orang mengaksesnya, berarti bahwa browsers dikembangkan dengan standar itu di pikiran. Lebih lanjut berarti bahwa semua browsers mengetahui apa yang dilakukan ketika itu memecahkan HTML, meskipun beberapa browser  yang lebih lama mungkin memiliki permasalahan pada perenderan beberapa halaman yang ditulis menggunakan versi HTML yang lebih baru yang telah di-update setelah pengembangannya . Untuk contoh penulisan kode HTML sederhana dapat dilihat pada gambar  di bawah ini
Contoh Kode HTML
 Kode HTML diatas terdiri dari beberapa bagian, yaitu :
1. Tag
    Tag merupakan tanda khusus berupa simbol "<" dan ">". Pada gambar diatas terdapat beberapa macam tag, sebagai contoh <html> merupakan tag dengan nama html. Setiap tag pembuka "< >" harus selalu diakhiri dengan tag penutup "</ >". Pada contoh diatas terdapat tag <html> dengan penutupnya adalah </html>, tag <body> dengan </body> dan seterusnya.

2. Element HTML<html>    </html>
    Merupakan deklarasi awal untuk menyatakan bahwa dokumen web yang digunakan adalah HTML.

3. Element Head <head>    </head>
    Merupakan kepala/header dari sebuah dokumen HTML. Elemen ini terletak diantara tak html.

4. Element Title <title>   </title>
    Adalah judul dari sebuah dokumen web yang akan ditampilkan pada judul di jendela browser. Elemen ini terletak diantara tag head.

5. Element Body <body>  </body>
    Merupakan isi dari dokumen yang akan ditampilkan di browser. Elemen ini terletak dibawah tag penutup head </head> dan diantara tag html.

No comments:

Post a Comment

Site Meter